ARTIKEL ( INFORMATIKA )

Kamis, 22 September 2011

Mengoptimalkan Windows Xp

Xp masih menjadi pilihan banyak orang sebagai sistem operasi computer sebab sistem ini stabil, cepat, tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang mahal, dan kompatibel hampir ke semua software yang beredar sekarang, terutama software audio. Konfigurasi dasar Xp masih harus disesuaikan lagi untuk kebutuhan digital recording, terutama untuk PC yang memiliki spesifikasi standart mengingat software musik yang beredar di pasaran seperti Nuendo, Sonar, Audition, dll. akan sangat memakan sumberdaya PC anda. Pada artikel kali ini kita akan membuang atau merubah beberapa hal di Windows Xp agar dapat berfungsi optimal sebagai PC untuk home recording.


Quote:
Catatan: Konfigurasi tiap PC dapat berbeda, artikel ini dibuat berdasar Windows XP Professional 2002 SP-2. Jika anda tidak mahir atau ragu-ragu dalam merubah konfigurasi XP, mintalah bantuan teknisi atau orang yang menguasai Windows XP dengan baik.
Konfigurasi dasar windows sebenarnya telah cukup baik untuk digunakan sehari – hari, ada baiknya anda membuat catatan mengenai perubahan konfigurasi yang anda lakukan, sehingga jika terjadi masalah anda dapat mengembalikan semua perubahan konfigurasi ke awal. Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengoptimalkan PC anda:

Mengoptimalkan Tampilan dan Power
Saat berada di desktop klik kanan dari posisi mana saja di layar selain di icon dan klik Properties lalu lakukan beberapa perubahan berikut:
  • Klik Desktop > dan pilih None sebagai background, ini akan menghilangkan gambar wallpaper anda, lalu klik Customize desktop > dan hilangkan tanda centang dari Run Desktop Cleanup Wizard every 60 days.
  • Klik Screen Saver > dan pilih None sebagai screen saver.
  • Klik Power > Power Schemes > pilih Never untuk semua pilihan Turn off monitor, Turn off hard disks dan System Standby, lalu klik Hibernate > hilangkan tanda centang di Enable hibernation.
Spoiler for Gambar 1.1:


Membersihkan System Tray
System tray adalah sekumpulan icon yang terlihat di sebelah kanan bawah Windows XP yang memberitahu program apa saja yang sedang berjalan secara background, semakin banyak program yang berjalan akan semakin menghambat kinerja PC. Beberapa program dapat ditutup hanya dengan meng-klik kanan dan memilih Close, tapi untuk program lainnya harus ditutup dengan menggunakan langkah-langkah berikut:
  • Klik Start > Run > ketik msconfig.exe dan klik Ok > setelah jendela System Configuration Utility terbuka klik Startup maka akan terlihat jendela seperti Gambar 1-2.
Spoiler for Gambar1.2:


Matikan hanya program yang anda tahu kegunaannya, jika anda mematikan program seperti rundll32 akan timbul masalah dalam XP. Setelah selesai klik Ok dan anda akan diminta untu me-restart PC anda, setelah restart System Configuration Utility akan muncul kembali, beri tanda centang ke Don’t Show This Message Or Launch The System Configuration Utility When Windows Starts dan klik Ok.

Merubah Start Menu XP ke Classic Start Menu
Untuk melakukan perubahan ini lakukan tahapan berikut: klik kanan pada pada tombol start di sudut kiri bawah, pilih Properties > Start Menu > pilih Classic Start Menu. Setelah selesai klik Costumize.. dan beri tanda centang pada box Expand Control Panel karena hal ini dapat memudahkan anda dalam menggunakan fitur – fitur control panel. Nantinya tampilan start menu anda akan terlihat seperti Gambar 2.
Spoiler for Gambar 2:


Mematikan Soundcard Onboard atau Add-in Anda
Jika anda menggunakan hardware audio interface atau soundcard external, anda dapat mematikan soundcard onboard ataupun soundcard add-in anda dengan cara:
  • Klik Start > Settings > Control Panel > System > Hardware > Device Manager.
Atau anda dapat juga mengakses device manager dengan klik kanan pada My Computer dari desktop:
  • Klik simbol “+” disebelah kiri Sound, video and game controllers, klik kanan pada soundcard onboard atau pun soundcard add-in lain yang ingin anda matikan, pilih Disable, dan pilih “Yes”.
Jika ternyata anda ingin menghidupkannya lagi anda dapat kembali ke menu ini dan pilih Enable. Untuk lebih jelas, anda dapat melihat Gambar 3. Setelah soundcard onboard dimatikan, secara otomatis soundcard external anda sebagai akan menjadi “Default Device” Windows.
Spoiler for Gambar 3:


Mematikan Windows System Sounds
Berikut kita akan mematikan suara Windows seperti suara “klik” dan suara-suara peringatan lain, nantinya hal ini dapat mengganggu sebab dalam proses recording biasanya anda menggunakan volume output yang cukup tinggi. Berikut langkah-langkah mematikan suara windows:
  • Klik Control Panel > Sounds and Audio Devices > Sounds. Pada pilihan Sound Schemes pilih No Sounds dan klik Ok.

Mematikan Visual Effects Windows
Setelah melakukan tips berikut ini tampilan windows anda mungkin akan terlihat sangat membosankan tapi disisi lain juga akan sangat menghemat sumberdaya PC anda, berikut tahapannya:
  • Klik Control Panel > System > Advanced > dibawah tulisan Performance klik Settings > Visual Effect > dan pilih Adjust for best performance dan klik Ok. Untuk lebih jelas anda dapat melihat Gambar 4.
Spoiler for Gambar 4:


Mematikan Error Reporting
Ada 2 hal yang harus matikan yakni error reporting yang berfungsi sebagai pemberitahuan berbentuk pop-up dalam PC anda dan Error reporting yang fungsinya mengirimkan error yang terjadi dalam PC anda ke situs Microsoft. Untuk fungsi pertama tahapannya sebagai berikut:
  • Klik Control Panel > System > Advanced > Error Reporting dan pilih Disable error reporting, lalu beri tanda centang ke kotak But notify me if critical errors occur.
Untuk fungsi kedua tahapannya sebagai berikut:
  • Klik Control Panel > Administrative Tools > Services > klik dua kali pada Error Reporting Service > pada pilihan Startup type pilih Disabled dan klik tombol Stopped di Service status bawahnya.
Spoiler for Gambar 5:


Mematikan Automatic Updates
Automatic updates sebenarnya fitur yang penting dalam Windows Xp, namun anda dapat mematikan fungsi ini untuk mencegahnya aktif saat anda sedang melakukan sesi rekaman atau mixing. Anda memeriksa sendiri secara manual update yang terdapat di situs Microsoft. Berikut tahapan mematikan Automatic Updates: klik Control Panel > System > Automatic Updates > pilih Turn Off Automatic Updates, klik Ok. Setelah itu buka kembali Control Panel > Administrative Tools > Services > klik 2 kali pada Automatic Updates > pada pilihan Startup type pilih Disabled dan klik tombol Stopped di Service status bawahnya.

Mematikan Remote Assistance
Untuk mematikan fungsi remote assistance klik Control Panel > System > Remote > hilangkan tanda centang pada Allow Remote Assistance invitations to be sent from this computer.

Processor Scheduling
Untuk merubah processor scheduling ke background tahapannya adalah sebagai berikut:
  • Buka Control Panel > System > Advanced > dibawah Performance klik Settings > Advanced > dan pilih Processor Scheduling ke Background Services.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement

Enews And Updates

BTemplates.com